5 Produk Unggulan SchemaCore untuk Digitalisasi Perbankan

Integrasi teknologi adalah hal krusial yang saat ini diupayakan untuk diintegrasikan dalam sistem. Bank rakyat sebagai bagian dari industri keuangan pun tidak boleh kalah saing dengan fenomena menjamurnya fintech. Oleh karena itu, integrasi teknologi yang relevan adalah kunci keberhasilan perbankan dalam persaingan.

Menjawab keresahan tersebut, Schema.id hadir dengan produk-produk yang dapat menjadi solusi bagi perbankan. Tidak hanya up to date, solusi Schema.id diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dalam proses digitalisasi perbankan.

Artikel ini akan menjadi jawaban lengkap untuk mengupas beberapa produk yang terangkum dalam SchemaCore seperti berikut ini.

Produk SchemaCore by Schema.id - Digitalisasi Perbankan

 

1. Regulatory Reporting

Di dunia perbankan, kepatuhan terhadap regulasi adalah hal yang krusial. Sederet laporan adalah tanggung jawab perusahaan kepada pihak-pihak yang memegang otoritas. Namun, hal satu ini merupakan tugas kompleks yang dapat memakan banyak waktu.

Salah satu produk unggulan SchemaCore adalah Regulatory Reporting. Solusi ini dirancang khususnya untuk perbankan dalam memenuhi kewajiban kepada pihak terkait. Laporan-laporan yang tercakup termasuk laporan keuangan, paparan risiko, informasi pelanggan, dan rincian transaksi.

Keunggulan Regulatory Reporting:

  • Otomatisasi, laporan disusun secara otomatis untuk efisiensi waktu.
  • Akurasi tinggi, mengurangi risiko kesalahan manusia.
  • Integrasi sistem, terintegrasi dengan sistem pelaporan ter up-to-date.

2. Loan Origination System (LOS)

Produk satu ini adalah solusi yang diperlukan dalam sistem perbankan. Proses pengajuan dan persetujuan pinjaman nasabah bank akan lebih mudah dengan mengadopsi Loan Origination System (LOS).

LOS menangani seluruh siklus keuangan, meliputi proses pendaftaran, evaluasi kredit, pengambilan keputusan, penyelesaian dokumen, hingga pencairan dana. Dengan ini, perbankan akan meraih lebih banyak konsumen.

Keunggulan Loan Origination System:

  • Proses pengajuan otomatis, analisis risiko yang menggunakan AI dengan basis platform dapat mempermudah kedua belah pihak.
  • Verifikasi cepat, dengan bantuan teknologi proses pengecekan nasabah akan lebih cepat.
  • Kontrol risiko, keamanan lebih tinggi dengan platform yang terenkripsi.
  • Potensi keuntungan, dibandingkan dengan investasi konvensional, digital lending menawarkan potensi hasil yang lebih tinggi.

3. API Integration

Dalam dunia digital, API Integration adalah nyawa penting. Dengan sistem ini, institusi keuangan dapat menghubungkan satu sistem/software ke yang lainnya. Beberapa yang tercakup dalam API Integration adalah Virtual Account, Transfer Antar Bank, PPOB, e-KYC, dan sebagainya.

Keunggulan API Integration:

  • Otomatisasi pembayaran, mengurangi pekerjaan manual.
  • Berbagai transaksi, dapat digunakan untuk berbagai transaksi, seperti tagihan, e-commerce, dan payroll.
  • Terintegrasi, layanan terintegrasi langsung dengan sistem core banking.


4. Mobile Banking

Mobile banking adalah bagian lain yang fundamental dalam peralihan ke bank digital. Integrasi produk ini memungkinkan bank dalam memperluas jangkauan transaksi.

Masyarakat secara umum pun sudah akrab dengan model ini. Pengenalan dan pengaplikasian mobile banking akan lebih mudah bagi bank.

Keunggulan Mobile Banking:

  • Akses real time, teknologi membantu bank untuk mengakses informasi secara langsung.
  • User experience yang lebih mudah, desain modern memudahkan nasabah sehingga probabilitas untuk menggunakan layanan ini meningkat.
  • Keamanan transaksi tinggi, teknologi enkripsi meningkatkan keamanan nasabah dan bank.
  • Fitur lengkap, berbagai fitur difasilitasi, mulai dari transfer, pembayaran, hingga pengelolaan rekening.

5. CBAS

CBAS adalah platform inovatif yang membantu perbankan mempermudah pekerjaan. Dengan platform ini, pengecekan SLIK calon nasabah akan jauh lebih mudah dengan automasi sistem.

Di Indonesia, CBAS Automation digunakan untuk pengecekan informasi keuangan yang dilaporkan pada OJK. Sistem yang dirancang pada teknologi CBAS juga membantu pengecekan SLIK OJK yang biasanya dihadapi oleh institusi keuangan. Dengan sistem ini, instansi keuangan akan lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Keunggulan CBAS:

  • Efisiensi, memanfaatkan platform ini dapat membantu bank dan pemberi kredit dalam melakukan pengecekan kredit nasabah.
  • Biaya terjangkau, biaya operasional akan lebih terkendali dengan sistem yang sudah otomatis.
  • Keamanan, data nasabah akan terjamin dengan teknologi yang lebih mutakhir.
  • Fleksibel dan skalabilitas, cocok untuk berbagai jenis bank, termasuk Bank Perekonomian Rakyat (BPR).


Kenapa SchemaCore?

Sebagai perusahaan IT solutions, solusi dari Schema.id ini lebih intuitif dalam menyelesaikan permasalahan yang dibutuhkan bank dibidang teknologi. Seluruh produk didesain untuk mempermudah pekerjaan, sehingga biaya operasional dapat ditekan yang sekaligus meningkatkan efektivitas kinerja.

Dengan berbagai solusi yang secara khusus didesain untuk institusi finansial, bank dan institusi keuangan dapat beradaptasi dengan era digital. Kualitas layanan yang diberikan ke nasabah pun dapat meningkat, baik melalui CBAS, regulatory reporting, internet banking, mobile banking, digital lending, maupun virtual account integration.

Jika Anda mencari solusi IT andal untuk mendukung transformasi digital di sektor perbankan, Schema.id adalah mitra terbaik Anda. Hubungi kami sekarang dan diskusikan solusi terbaik untuk institusi keuangan Anda!

IT solutions company in Jakarta, provide banking, cross-industries, and capability services to enhance your business’ productivity

 

© 2024 PT Kognitif Skema Indonesia